Profil Kab. Batubara

BUPATI

DATA PRIBADI :

NIP : 400037640

Nama : H. OK ARYA ZULKARNAIN, SH,MM

Tempat Lahir : Solo

Tanggal Lahir : 3/24/1956

Agama : Islam

 

 

 


Data lain sedang dalam penyusunan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

 

map-bappeda

LETAK DAN KEADAAN GEOGRAFIS


Kabupaten Batu Bara merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara yang baru terbentuk pada tahun 2007, yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Asahan. Batu Bara berada di kawasan Pantai Timur Sumatera Utara yang berbatasan dengan Selat Malaka. Kabupaten Batu Bara menempati area seluas 90.496 Ha yang terdiri dari 7 Kecamatan serta 100 Desa/Kelurahan Definitif.


Wilayah Kabupaten Batu Bara di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Serdang Bedagai, di sebelah Selatan dengan Kabupaten Asahan, di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Simalungun dan di sebelah Timur berbatasan dengan Selat Malaka. Berdasarkan luas daerah menurut kecamatan, daerah Lima Puluh merupakan kecamatan terluas dengan luas wilayah mencapai 239,55 Km² atau 26,47 persen dari luas total Batu Bara. Sedangkan Kecamatan Medang Deras merupakan wilayah terkecil dengan luas 65,47 Km² atau 7,23 persen dari luas total Batu Bara.

PENGERTIAN LOGO DAERAH

Logo-daerah

  • Perisai bentuk mahkota piala melambangkan bahwa Kabupaten Batu Bara adalah hasilperjuangan gigih masyarakat Batu Bara.

  • Tujuh Bintang melambangkan bahwa Kabupaten Batu Bara terdiri dari tujuh Kecamatan dengan kehidupan rukun dan bertaqwa kepada

    Tuhan Yang Maha Esa

  • Bunga Kapas berjumlah delapan kuntum, Padi yang berjumlah 12 butir dan Segi Enam melambangkan bahwa Kabupaten Batu Bara dilahirkan pada tanggal 8 Desember Tahun 2006.

  • Pita Merah dengan tulisan putih sejahtera Berjaya melambangkan bahwa ikatan persatuan dan kesatuan dari berbagai macam aktivitas masyarakat yang bersatu padu dan bersama berjuang mewujudkan masyarakat Kabupaten Batu Bara yang sejahtera lahir dan bathin serta berjaya/berhasil dibidang pembangunan teritorial Kabupaten Batu Bara di dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  • Motto Daerah Kabupaten Batu Bara adalah Sejahtera Berjaya?yang mengandung arti bahwa tujuan bersama seluruh lapisan multikultural masyarakat Batu Bara adalah kesejahteraan dan keberhasilan/berjaya dalam membangun daerahnya.